Minggu, 08 Mei 2011

Program Sederhana Java (GUI)

Assalamu'alaikum pembaca
      Saya akan membagi sedikit ilmu tentang pemrograman java. Setelah sebelumnya saya membuat program yang menjelaskan dasar pemrograman java, kali ini programnya lebih ke penerapan/ implementasi dari program yang sudah dipelajari. Saya akan memberi tahu cara membuat sebuah program sederhana dengan menggunakan java dan berbasis GUI.. Program sederhana kali ini tentang menebak nama segitiga jika diketahui 3 buah sisi-sisinya seperti gambar di bawah ini:


berikut langkah-langkah membuatnya dengan menggunakan Netbeans


Kita mulai dengan membuat Project baru dengan nama "baru" lalu kita buat form baru dengan cara klik kanan---new---JFrame Form lalu ubah nama class menjadi segitiga. Setelah itu kita desain form programnya seperti gambar di bawah ini :

Seperti kita lihat form terdiri dari 2 buah JButton yaitu hapus dan test, 3 buah JTextField, dan 4 buah Jlabel yaitu Nama Segitiga, Sisi1, Sisi2, dan Sisi3.

Sebelum ke source code kita ubah dulu variable name dari komponen diatas dengan cara klik kanan pada komponen lalu klik change variable name. Berikut adalah varible namenya:
  • JTextField1 diubah menjadi s1
  • JTextField2 diubah menjadi s2
  • JTextField3 diubah menjadi s3
  • JTextField4 diubah menjadi result
Jika sudah masuk ke source code untuk mendeklarasikan beberapa variable. deklarasi variable diletakkan di bawah code pendefinisisan class, berikut coding pendeklarasian variable berikut type datanya :

public class segitiga extends javax.swin  g.JFrame {
private int a,b,c; //deklarasi variable a,b,c sebagai integer
private float e,f,g;//deklarasi variable e,f,g sebagai float
    /** Creates new form segitiga */
    public segitiga() {
        super("Tyouichi");
        initComponents();

Setelah itu kembali ke design form, lalu klik kanan pada JButton1(hapus)---klik events----klik action
maka kita akan kembali ke source code dan  berada di baris pendefinisisan dari JButton1. Lalu kita langsung memberi coding logika perhitungan di bawah pendefinisian dari JButton1 seperti di bawah ini:

private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:
        a= Integer.parseInt(s1.getText());
        b= Integer.parseInt(s2.getText());
        c= Integer.parseInt(s3.getText());
        e= (float) Math.sqrt((Math.pow(b, 2)+ Math.pow(c, 2)));
        f= (float) Math.sqrt((Math.pow(a, 2)+ Math.pow(c, 2)));
        g= (float) Math.sqrt((Math.pow(a, 2)+ Math.pow(b, 2)));
        if (a == e || b== f){
            result.setText("segitiga siku-siku");}
 else if (c == g) {
            result.setText("segitiga siku-siku");}
 else if (a == b && a == c){
            result.setText("segitiga sama sisi");}
 else if (a == b || a==c) {
            result.setText("segitiga sama kaki");}
 else if (c == b) {
            result.setText("segitiga sama kaki");}
 else
            result.setText("segitiga sembarang");  
    }

Jika langkah diatas sudah, kembali lagi ke design dan kita akan memberi code perintah pada JButton2(hapus) dengan cara yang sama dengan JButton1. jika sudah masuk k source code lagi masukkan coding perintah menghapus tulisan pada ketiga JTextField di bawah coding pendefinisian dari JButton2 seperti di bawah ini:

private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:
        s1.setText(null);
        s2.setText(null);
        s3.setText(null);
        result.setText(null);
    }

Setelah itu kita running dengan menekan Shift F6 dan akan muncul output seperti dibawah ini :


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

007isdead.blogspot.com berbagi ilmu berbagi cerita