Kamis, 19 Mei 2011

Crimping Kabel UTP

Assalamu'alaikum pembaca
       Udah lama juga ya enggak berbagi ilmu. Saat ini saya akan membagi ilmu yang baru saja saya dapat dari proses seleksi programmer di salah satu laboratorium kampus yaitu crimping kabel UTP.
       Kabel UTP(Unshielded Twisted Pair) adalah sebuah kabel yang seringnya dipake buat bikin kabel LAN(Local Area Network). Crimping kabel UTP ada dua type, yaitu Cross dan straigth. Beda dari keduanya adalah kalau Cross dipakai untuk menghubungkan 2 komputer dan ujung kabel satu laginya bertype Straigth sedangkan type straigth digunakan untuk menghubungkan komputer dengan Hub dan kedua ujung kabel sama-sama bertype straigth.

Terus gimana cara bikinnya??? berikut adalah step-step pengCrimpingan kabel UTP untuk type straight


  • Pertama sediakan alat dan bahan yaitu gunting, tang crimping , cutter, kabel UTP, dan RJ45 connector
  • kemudian buka selimut kabel UTPna kira-kira seruas jari telunjuk dengan cutter,maka akan terlihat pasangan kabel seperti berikut oranye dan putih, hijau dan putih, biru dan putih, terakhir coklat dan putih. Untuk membedakan keempat warna putih tersebut kita beri nama seperti berikut sesuai pasngannya:
  1. putih pasangan oranye = putihO
  2. putih pasangan hijau =putihH
  3. putih pasangan biru = putihB
  4. putih pasangan coklat= putihC 
urutan warna kabel type straight
  • selanjutnya diurutin kabelnya dari kiri ke kanan sebagai berikut : putihO -> oranye -> putihH -> biru -> putihB -> hijau -> putihC -> coklat
  • kalau sudah diurutin coba dilurusin kabelnya, pasti masih pada keriting kan
  • selanjutnya samakan panjang ke delapan kabel tersebut dengan memotong ujungnya pake gunting
  • setelah sama ujungnya, masukin kabelnya ke RJ45 connector, ingat posisi RJ45nya jangan kebalik, bagian bawah(atau bagian yang terlihat tembaganya)menghadap ke wajah kita
  • pastikan kabel dah masuk sampe mentok
  • sekarang langkah terakhir, masukan RJ45 connector yang dah terhubung sama kabel UTP tadi ke tang crimping, terus jepit dah tuch RJ45 sampe terdengar bunyi "ckrek".
  • nah kabel UTPnya sudah terjepit sama RJ45 connector, karena ini type straight berarti ujung satunya lagi juga straight, jadi tinggal ulangin dah langkah- tadi ke ujung satunya.
  • kabel siap digunakan
Ingat langkah diatas digunakan untuk type straight yang berarti tidak bisa dihubungkan langsung dari komputer satu ke lainnya, kalau hanya ingin menghubungkan dua komputer saja, gunakan type cross yang urutannya adalah
          putihH -> Hijau-> putihO-> biru ->putihB-> oranye -> putihC -> coklat
dan ingat ,untuk salah satu ujungnya saja,ujung satunya lagi tetap straight.

sekian dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

007isdead.blogspot.com berbagi ilmu berbagi cerita