Selasa, 22 Januari 2013

Peralatan yang Digunakan Dalam Jaringan.



Perangkat keras
  1. NIC ( Network Interface Card ).
NIC merupakan komponenkunci pada terminal jaringan yang berfungsi mengirim data ke jaringandan menerima data yang dikirim keterminal kerja.

  1. Kabel.
Kabel merupakan komponen fisik yang paling rentan dan harus diintalasi secara cermat dan teliti, karena kabel terdiri dari kawat tembaga yang berfungsi untuk mengalirkan listrik. Kabel yang digunakan pada jaringan disebut UTP (UnTwisted Pair).
Jenis-jenis kabel :
-          Coaxial
-          Twisted pair
-          Fibre optic ( serat optik )

  1. Konektor.
Konektor merupakan conecctor tempat dimana kabel-kabel yang ada pada kabel UTP ditempatkan. Kenektor yang biasa digunakan ialah RJ45.


  1. Crimping
Crimping merupakan peralatan yang digunakan untuk memasang konektor RJ45 kedalam kabel sehingga konektor RJ45 terpasang dengan benar.

  1. HUB
HUB merupakan perangkat keras jaringan yang menggabungkan beberapa komputer kedalam sebuah Local Area Network (LAN). HUB berada pada Layer 1 dalam OSI model dan pengiriman data dilakukan ke semua komputer yang terhubung dalam satu LAN
-       Passive Hub
Passive hub tidak menguatkan sinyal elektrik dari paket yang masuk kedalam hub sebelum hub membroadcast paket – paket tersebut keluar.
-       Active Hub
Active Hub adalah kebalikan dari passive hub. Active hub melakukan penguatan sinyal elektrik dari paket yang masuk kedalam hub. Active hub juga disebut juga dengan repeater
.
  1. Switch.
Switch merupakan suatu perangkat yang menggabungkan beberapa komputer ke dalam sebuah Local Area Network ( LAN ). Swicth beroperasi pada layer 2 (Data Link Layer) dari model OSI.
  1. Router.
Router merupakan penghubung satu komputer ke komputer lain atau satu jaringan ke jaringan lain agar komputer atau jaringan dapat saling berkomunikasi.

Perangkat lunak
  1. Disk Operating Sistem ( DOS ).
  2. Network Operating Sistem ( NOS ).
NOS berfungsi sebagai berikut :
-          menyediakan pengolahan sumber daya server.
-          Menediakan perangkat lunak aplikasi pada tiap workstation yang terhubung ke jaringan.
  1. Perangkat lunak aplikasi.
    • Aplikasi jaringan
Aplikasi ini tugas terhadap jaringan seperti pencatatan akses, pembatasan akses tertentu.
o   Aplikasi manajemen
Aplikasi ini berfungsi untuk memantau jaringan, elemen yang dipantau berupa aktivitas jaringan, hidup atau matinya node.
o   Aplikasi backup
Aplikasi ini menjadi salah satu hal penting dalam jaringan. Secara software seorang admin bisa melakukan remote backup ke mesin lain secara berkala, secara hardware bisa dilakukan dengan disk mirroring.

Media tranmisi.
            Media taranmisi mrupakan jalur fisik antara pengirm dan penerima dalam system tarmisi data. Media tranmisi yang digunakan adalah
o   Kabel.
Kabel merupakan komponen fisik yang paling rentan dan harus diintalasi secara cermat dan teliti, karena kabel terdiri dari kawat tembaga yang berfungsi untuk mengalirkan listrik. Kabel yang digunakan pada jaringan disebut UTP (UnTwisted Pair).
Jenis-jenis kabel :
-          Coaxial
-          Twisted pair
-          Fibre optic ( serat optik )

o   NIC ( Network Interface Card ).NIC merupakan komponenkunci pada terminal jaringan yang berfungsi mengirim data ke jaringandan menerima data yang dikirim keterminal kerja.

Metode tramisi.
o   Baseband.
Data yang berupa sinyaldigital langsung dikirim melalui media tranmisi satu channel seperti kabel tanpa mengalami perubahan apapun.
o   Broadband.
Mentarmnisikan sinyal analog, apabila dalam bentuk sinyal digital harus dimodulasikan lebih dahulu menjadi sinyal analog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

007isdead.blogspot.com berbagi ilmu berbagi cerita