Senin, 02 April 2012

Dampak Perdagangan Bebas bagi Sarjana Komputer

Perdagangan bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya atau dapat juga didefinisikan sebagai tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.
Dengan perdagangan bebas segala macam kegiatan perdagangan menjadi semakin mudah dan cepat tanpa mengenal batas dan hambatan. Segala hal tersebut membuat persaingan para pebisnis semakin ketat. Dengan adanya perdagangan bebas persaingan tidak hanya datang dari pesaing dalam negeri, bahkan pesaing di luar negeri pun siap beradu mengambil keuntungan. Hal inilah yang membuat perdagangan bebas bisa memberi dampak negative tak terkecuali kepada lulusan sarjana computer.
Sekarang ini persaingan antara lulusan sarjana computer tidak hanya bersaing dengan sesamanya, tetapi juga dengan banyak orang tanpa gelar sarjana, atau sarjana dengan gelar lain yang memiliki kemampuan yang setingkat dengan sarjana komputer. Dengan adanya pasar bebas maka para lulusan sarjana computer dari luar Indonesia akan menjadi pesaing baru bagi lulusan sarjana computer.
Dengan kondisi seperti itu maka yang perlu sarjana computer persiapkan adalah memperdalam skill atau kemampuannya dibidang computer. Dalam bidang computer terdapat banyak spesifikasi, seperti programmer, jaringan, system analis, dll. Dengan berbagai macam spesifikasi tersebut seorang sarjana computer harus memiliki skill yang baik minimal disalah satunya. Jika sudah memiliki kemampuan dan menentukan pilihan kemana arah spesifikasinya, maka seorang sarjana computer tidak perlu khawatir dengan persaingan yang timbul akibat pasar bebas.
Kesimpulannya perdagangan bebas membuka peluang persaingan dalam dunia kerja sebesar-besarnya.  Untuk lulusan sarjana computer persaingan tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan tetapi sesuatu yang perlu dipersiapkan, karena mau tidak mau semua itu akan menghampiri kita. Dengan mendalami apa yang menjadi kemampuan terbaiknya, maka pasar bebas bukan lagi menjadi kekhawatiran tetapi menjadi peluang besar bagi sarjana computer tersebut. Memanfaatkan tantangan menjadi peluang, itulah yang kaliamat yang sesuai untuk menghadapi pasar bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

007isdead.blogspot.com berbagi ilmu berbagi cerita