Sabtu, 10 Maret 2012

Siapa Saya


Assalamu’alaikum
Dalam postingan saya hari ini saya akan menceritakan sedikit tentang diri saya. Nama saya Prasetyo,  saya merupakan anak pertama dan terakhir dalam keluarga saya. Saat ini kesibukan saya adalah sebagai mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Depok yaitu Universitas Gunadarma, selain sebagai mahasiswa saya sekarang juga sedang menikmati aktifitas saya sebagai seorang aktifis dakwah kampus di Lembaga Dakwah Kampus yang ada d Universitas saya yaitu LDK Fajrul Islam sebagai salah satu dari empat Dewan Pengurus Harian. Kesibukan lainnya adalah saya kerja sambilan sebagai Assisten Laboratorium jurusan saya, dan terakhir saya diangkat sebagai salah satu Ketua Assisten .
Kesibukan di Kampus tersebut membuat saya harus pandai-pandai mengatur waktu saya, selain itu semester ini saya harus membuat Penulisan Ilmiah, salah satu momok paling menyeramkan di semester 6 karena memang pembuatan PI ini sangat menyita waktu, tenaga , pikiran , bahkan biaya. Semua itu sedang saya alami saat ini dan memang ini merupakan sesuatu yang membuat aktifitas di kampus saya menjadi semakin variatif dan menyenangkan.
Kehidupan saya di Gunadarma diawali dengan gagalnya saya lulus masuk Perguruan Tinggi Negeri  di ujian masuk yang paling terakhir diadakan, yaitu SNMPTN. Sebenarnya masih ada Ujian Masuk PTN lainnya dengan system ujian mandiri , namun PTN yang mengadakan Ujian Mandiri tersebut kurang menarik minat saya sehingga saya memilih untuk masuk Perguruan Tinggi Swasta saja yang ada di daerah Jakarta, Depok, atau Bekasi , dan akhirnya saya memilih Universitas Gunadarma.

Universitas Gunadarma memang sangat terkenal dibidang teknologi informasinya, maka dari itu saat saya masuk saya langsung memilih dua jurusan terkait bidang tersebut yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Setelah saya menjalani test masuk dan keluarlah hasil bahwa saya lulus dengan Grade A, dan keluar pulalah berapa biaya kuliah yang harus saya bayar. Saat mengetahui biaya kuliah untuk jurusan Teknik Informatika lebih mahal saya lebih memilih masuk jurusan Sistem Informasi, dan dimulailah kehidupan baru saya sebagai mahasiswa.
 Pada tingkat pertama saya hanya menjadi mahasiswa yang istilahnya “Kupu-kupu” atau Kuliah-Pulang Kuliah-Pulang. Ternyata kuliah di Gunadarma pada tingkat 1 masih belum menemui kesulitan karena beberapa Mata Kuliah hanya mengulang materi saat masih di sekolah.  Tingkat satu saya mendapat IPK yang lumayan memuaskan sehingga pada tingkat 2 saya masuk kelas unggulan dimana yang menghuni kelas tersebut adalah mahasiswa SI angkatan 2009 dengan IPK tertinggi.
Di kelas tersebut berkumpul  berbagai macam mahasiswa dengan keahlian dibidang computer terutama programming. Tingkat 2 saya mulai mengetahui kemana para mahasiswa SI diarahkan ke depannya. Berbagai macam mata kuliah yang sesuai dengan jurusan saya mulai dipelajari dan memang mulai agak sulit. Merasa bosan dengan kegiatan perkuliahan saya mulai memasuki salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yaitu Rohani Islam dengan nama UKMnya Fajrul Islam.
Di UKM tersebut saya mengawali dengan mengikuti kegiatan Mentoring yang dibimbing oleh salah satu alumni angkatan 2005. Di sana saya mulai mendalami kembali ilmu keislaman yang pernah saya pelajari di Rohis SMA.  Selain kegiatan yang bersifat kerohanian, di UKM Fajrul Islam saya juga mulai berkecimpung di organisasinya. Untuk semester 3 sampai semester 4 saya belum masuk di structural hanya sebagai simpatisan atau volunteer. 
Semester 5 adalah perjalanan baru saya di organisasi Fajrul Islam. Saya mulai masuk di Struktural dan tidak tanggung-tanggung, oleh Ketua UKM Periode 2011-2012 saya diplot sebagai Sekretaris Jendral. Dengan pengalaman minim di UKM tersebut dan kurangnya saya mengetahui permasalahan dakwah di kampus , akhirnya saya menjalankan amanah tersebut semampunya.
Dengan dibantu dengan Sembilan orang staff dan bertambah menjadi sebelas orang staff, sampai sekarang amanah ini Alhamdulillah saya masih bisa menangani. Belum selesai sampai di situ, perjalanan di semester 5 kian berwarna ketika saya mencoba peruntungan menjadi Assisten Laboratorium Sistem Informasi. Setelah menjalani test masuk, akhirnya saya menyusul teman-teman kelas saya yang sudah diterima menjadi Assisen di berbagai macam Laboratorium di kampus.
Dengan ketiga amanah tersebut yaitu kuliah, organisasi, dan menjadi assisten lab di semester 5, maka saya mulai kesulitan membagi waktu untuk ketiganya. Namun saya coba menjalani semuanya secara seimbang dan sejauh ini walaupun memang harus mengorbankan salah satu jika terjadi bentrok.
Sekarang sudah menginjak semester yang ke enam, kewajiban membuat Penulisan Ilmiah dan ketiga kegiatan lainnya tadi membuat saya harus mulai merencanakan semuanya dengan baik dari sekarang. Memang tidak bisa disamakan system pembagian waktu saat semester 5 dengan semester 6. Semester 6 ini jika tidak termanage dengan baik maka mungkin semua kegiatan saya di kampus menjadi berantakan.  Agar tidak terjadi hal tersebut semua harus terencana dengan baik.
Itulah sepenggal kisah tentang saya di kampus mulai dari pertama kali masuk kuliah sampai sekarang menginjak semester 6. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

007isdead.blogspot.com berbagi ilmu berbagi cerita