Sabtu, 30 April 2011

Membuat Deret Segitiga dengan Mengunakan Java

Assalamu'alaikum pembaca
    Kali ini saya akan kembali membuat program deret segitiga, namun saat ini saya menggunakan bahasa pemrograman Java. Untuk membuatnya tidaklah semudah seperti menggunakan bahasa pemrograman Pascal, ataupun C++,membuat perintah input-outputnya aja udah rebek alias ribet, tapi jangan menyerah kita belajar perlahan karena sebenarnya tidak terlalu sulit juga kok.
    Dalam membuat deret segitiga seperti biasa kita membuat dengan yang namanya "Perulangan" atau "Looping". Sekarang perulangan yang digunakan adalah For. Sebelum masuk ke program kita lihat dulu bentuk umum perulangan :     

Jumat, 22 April 2011

Kisah Ashabul Kahfi

Assalamu’alaikum pembaca
Pernah dengar lagu Izzis yang Generasi Harapan?? Salah satu liriknya adalah “dimana dicari pemuda kahfi, terasing demi kebenaran hakiki”. Lagu tersebut menggambarkan kisah para pemuda yang terasing hidupnya di dalam gua karena lingkungannya yangg mempersekutukan Allah.  
Menurut riwayat negeri para pemuda kahfi ini bernama Sahab di Amman dan penguasanya saat itu adalah raja Daqyanus atau Decius. Sang raja ini seorang penyembah berhala dan dia memusuhi agama tauhid. Tidak jauh berbeda dengan rajanya, rakyatnya pun menyembah berhala pula. Namun terdapat tujuh pemuda yang memilih untuk menyembah Allah dan ibadah mereka dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena takut diketahui pihak kerajaan.

Kamis, 21 April 2011

Game Sederhana dengan Visual Basic

Assalamu'alaikum para pembaca
   Di artikel ni saya pengen sharing sebuah program game sederhana dengan VB yang bisa dibilang ada karena kebetulan. Lah?? Gimana kisah?? Sebagai junior programer saya memang dituntut untuk terus mengexplore kemampuan logika programming saya, oleh karena itu saya mencoba mencari buku-buku yang erat kaitannya dengan programing.
    Kebetulan semester lalu saya masih belajar Visual Basic, jadi saya mencari buku tentang bahasa pemrograman tersebut. Setelah saya dapatkan bukunya saya mulai mencoba satu persatu program yang ada di buku tersebut
     Pada saat membuka Bab tentang “Acak Gambar” saya mencoba memahami algoritma program tersebut. Setelah mencoba programnya, terlintas keinginan untuk membuatnya menjadi sebuah game sederhana yang bernama Pachinko. Mungkin yang suka anime Jepang terutama Naruto tahu sekali tentang pachinko ini. Dikarenakan saya kurang tahu bagaimana aslinya permainan pachinko ini, mungkin  inti permainan ini hanya mencocokan semua gambar yang di acak saja
Ok kita langsung membuat programnya
Langkah pertama kita harus mendesain layout permainan tersebut beserta control-controlnya

Berikut tampilan layoutnya :

Izzatul Islam- Sang Murabbi

Ribuan langkah kau tapaki
Pelosok negri kau sambangi
Ribuan langkah kau tapaki
Pelosok negri kau sambangi

Tanpa kenal lelah jemu
Sampaikan firman Tuhanmu
Tanpa kenal lelah jemu
Sampaikan firman Tuhanmu

Killing Me Inside- Biarlah Chord

Killing Me Inside-biarlah chord and lyrics


ntro : Bbm Fm F# G#

Bbm   Fm             F#
Semua yang berlalu
               G#
Telah menjadi kenangan
Bbm   Fm             F# 
Dan seakan kulupakan
               G#
Karena ku tak sejalan 

Membuat Menu Program dengan C++

Assalamu'alaikum

Mau ngshare ilmu lagi nich, kali ini saya beserta teman-teman satu kelompok saya membuat sebuah program menu dengan C++ yang didalamnya ada beberapa subprogram. Pada program kali ini kami sudah menggunakan array 2 dimensi, function, program berorientasi object, dan manipulasi string.
untuk program array 2 dimensi kami membuat program penjumlahan matriks dengan ordo maksimal 5x5, kemudian untuk program yang menggunakan function kami membuat program perhitungan untuk mencari volume balok. program PBO kami membuat kalkulator dan manipulasi string kami membuat program pembalik kata. Untuk pertama kali kita membuat  tampilan menu, untuk menuju ke subprogram kita menggunakan perintah goto
berikut adalah coding programnya:

Rabu, 20 April 2011

Jaringan(1)

    Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.


007isdead.blogspot.com berbagi ilmu berbagi cerita